slot

simbol1Sejumlah kasus nyata dalam buku ini, lebih banyak menggambarkan kompleksitas persoalan manusia dengan sesama manusia, manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan Tuhannya, Allah Robbul ‘Izzah.

Mulai dari masalah konflik keluarga, pendidikan anak, konflik sosial, konflik kepribadian, dan bahkan konflik dengan Tuhannya sendiri, yang berhubungan dengan Ikhtiar dan Takdir, yang sering berujung dengan stress.

Pangeran Sufi

Al-Imam Asy-Syeikh Al-Junaid al-Baghdady bagi kalangan ummat adalah tokoh pemuka, pangeran sekaligus “burung merak’ yang indah nan agung dari kalangan rnereka,  la adalah pemimpin kaum Sufi di zamannya sekaligus menjadi panutan berabad-abad bagi kekuatan ruhani umat Islam seluruh dunia.la adalah simbol para wali di zamannya sekaligus pahlawan kaum yang telah menggapai tahap marifatullah.

Islam Kosmopolitan

Gus Dur Menginginkan agar Islam memberikan kesempatan lebih luas kepada orang untuk berkarya tanpa dibatasi oleh apapun, seperti identitas politik dan etnik. Islam bagi Gus Dur, mencapai titik kemajuan tertinggi justru ketika seluruh ekspresi dan karya cipta orang perorang dan kelompok diberi hak hidup yang sama betapapun menyimpangnya atau dianggap bid’ah.

Risalah Qusyairiyah

Risalah Qusyairiyah

RISALAH QUSYAIRIYAH

Tasawuf bukanlah doktrin tambahan bagi kandungan al-Qur’an dan as-Sunnah. Tetapi lebih merupakan implementasi bagi kerangka agung Islam dalam praktik keseharian jiwa hamba Allah yang beriman, dalam mewujudkan cita-cita hakiki dari sumber ajaran Islam itu sendiri. Karenanya, dengan menyibak kembali cakrawala tasawuf orisinal sebagaimana dalam buku ini, kesalahpahaman tentang tasawuf bisa ditashih kembali .

IslamKu-IslamAnda-IslamKita

IslamKu IslamAnda IslamKita

ISLAMKU ISLAMANDA ISLAMKITA

Bahkan, Wahid tidak ragu untuk mengorbankan image sendiri-sesuatu yang seringkali menjadi barang mahal bagi mereka yang merasa sebagai politisi terkemuka, untuk membela korban yang perlu dibela.

 

HADIST SUFISTIK

Rahasia Cinta

Rasulullah Saw, ketika bersabda: “Pandangan seorang anak kepada kedua orang tuanya adalah ibadah.”

Dalam hadits mulia ini ada rahasia pengagungan cinta kepada Allah Ta’ala, sebagaimana menanjaknya cinta-cita para pecinta kepada Allah ta’ala. Maka memandang pada Allah adalah ibadah.

Kematian

  • PDF

Rasulullah Saw, ketika bersabda:
“Tasbih bagi para lelaki, dan tepukan tangan bagi perempuan.” (Hr. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzy dan Nasa’y)
HADITS mulia ini mengandung motivasi beramal dengan maksimal, dan meleburkan gerak dan diam pada Allah Ta’ala.

Munajat Sufi

  • PDF

Syeikh Ahmad ar-Rifa’y

“Ketika aku di-Isro’kan ke langit, aku melihat rahim sedang tergantung di Arasy, sang rahim mengadukan pada sesama rahim kepada Tuhannya, bahwa ia telah terputus. Lalu aku bertanya, “Berapakah jarak pisah antara dirimu dengan dirinya? Rahim menjawab, “Kami bertemu dalam empat puluh jarak.”

Dalam hadits mulia ini ada disiplin mengenai kasih sayang bagi hamba, yang bisa mengendalikan liarnya nafsunya, dan ketika bertemu, ia benar-benar menjadi golongan yang saling berserasi.

Sabar

  • PDF

Rasulullah Saw, ketika bersabda:“Demi Dzat yang aku ada ditanganNya, sungguh kamu sekalian tidak akan masuk syurga hingga kalian beriman. Dan kalian tidak beriman sampai kalian saling mencintai.

Bila Allah Mencintai Hamba

  • PDF

Syeikh Ahmad ar-Rifay
“Siapa yang menyampaikan hadits pada ummatku, dalam rangka menegakkan Sunnah, atau demi menghancurkan bid’ah, maka ia berada di syurga.”(Hr. Abu Nuaim dalam Al-Hilyah)

Maqam Orang Menangis

  • PDF

Syeikh Ahmad ar-Rifa’y
Rosullullah SAW bersabda: “Siapa pun anak yang dilahirkan, kemudian diberi nama Muhammad dalam rangka mendapatkan berkah darinya, maka ia dan anaknya berada di syurga.”

Jalan Ketaqwaan

  • PDF

Syeikh Ahmad  ar-Rifa’y

Riwayat dari Anas bin Malik, ra, bahwa  Rasulullah Saw, apabila masuk bulan Rajab, beliau berdoa:
“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami bisa memasuki bulan Ramadhan.” (Hr. Ahmad dan Baihaqi).